Bengkel Motor Murah yang Hasil Servisnya Bikin Mesin Serasa Seperti Baru

Beberapa tahun yang lalu, saya terpaksa merogoh kocek agak dalam, karena butuh biaya untuk mengganti beberapa komponen motor yang rusaknya bersamaan, sehingga membutuhkan biaya yang lumayan banyak dalam satu waktu.

Saya sendiri sebenarnya tidak terlalu kaget dengan biaya besar yang terpaksa harus saya keluarkan pada saat itu. Karena sebagian besar komponen-komponen yang perlu diganti tersebut memang sudah waktunya untuk diganti.

Tapi, karena setiap kali teknisi memberitahu saya bahwa ada beberapa komponen yang perlu diganti pada saat servis, saya terus-terusan mengabaikannya. Karena saya pikir, kondisi motor saya masih baik-baik saja dan cukup nyaman saat dipakai.

Tapi siapa sangka, sikap saya yang mengabaikan saran-saran dari mekanik tersebut menjadi “bom waktu” yang merugikan diri saya sendiri. Pasalnya, saya harus mengeluarkan banyak uang di satu waktu.

Tidak hanya itu saja, keputusan saya untuk menunda perbaikan atau penggantian komponen-komponen yang sudah mulai aus ternyata menimbulkan efek berantai. Yang menyebabkan beberapa komponen lain jadi lebih cepat rusak.

Bengkel Planet Ban Tempat Servis Motor Murah

Sejak kejadian tersebut, saya mulai belajar dan mencoba untuk langsung mengganti berbagai komponen yang disarankan oleh teknisi. Kalaupun ada komponen yang kelihatannya masih cukup bagus atau masih bisa ditunda sampai punya uang, saya biasanya akan berusaha untuk tidak menunda lebih dari satu bulan.

Pentingnya Melakukan Perawatan Motor Secara Berkala

Perawatan berkala motor adalah tindakan yang perlu dilakukan sesuai dengan jarak tempuh tertentu. Pada saat servis, beberapa hal yang harus diperiksa mencakup, rem, lampu, aki dan kelistrikan, ban, mesin, oli mesin, oli gardan, hingga V-Belt dan roller.

Secara garis besar berikut adalah sejumlah hal atau komponen yang perlu diperiksa secara berkala dan perlu diganti apabila sudah waktunya atau apabila sudah mencapai ambang batas yang ditentukan oleh pabrik atau produsen motor.

#1 Oli Mesin

Cara Mengganti Oli Mesin
Img by Gridoto.com

Oli mesin berperan sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Oleh karena itu, oli mesin motor perlu diganti secara berkala sesuai jarak tempuh yang telah dicapai, dimana rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian oli mesin setiap 2500-3000 km.

Dulu, saya sempat menyangka ganti oli mesin secara berkala itu nggak penting-penting amat. Terus, gantinya juga suka semaunya, tanpa ngikutin apa yang direkomendasikan sama pabrik otomotif.

Akibatnya, kondisi mesin motor saya lebih cepat memburuk kalau dibandingkan sama motor-motor lain yang oli mesinnya rutin diganti.

Meski saya sudah tahu kebiasaan buruk ini bisa merugikan saya, tapi saya terlalu malas dan enggan datang ke bengkel untuk ganti oli.

Untungnya, sekarang sudah ada oli motor matic yang pakai teknologi Ester. Oleh para mekanik, oli ini disebut-sebut sebagai oli yang penggunaannya bisa 2x lebih lama dibandingkan oli biasa.

Nggak cuma mekanik sih, sejumah produsen motor juga sudah ada yang merekomendasikan pengguna untuk mengganti oli ini setiap 5000 km. Itu artinya, oli Ester ini 2x lebih lama dibandingkan oli standar yang harus diganti setiap 2500-3000 km. Atau, kalau dihitung-hitung berdasarkan waktu, sekitar 4-6 bulan sekali.

Ini sih emang cocok banget sama saya yang pada dasarnya suka merasa malas buat ganti-ganti oli atau pergi ke bengkel. Nah, buat kalian yang juga jarang punya kesempatan untuk datang ke bengkel buat ganti oli atau suka lupa kapan seharusnya kalian ganti oli mesin motor, saya rasa oli dengan teknologi Ester ini recommended dech buat kalian.

Buat kalian yang belum tahu, oli dengan teknologi Ester adalah oli yang menggunakan base oil tertinggi di kelas pelumas mesin. Jadi, wajar kalau oli ini bisa digunakan melumasi mesin lebih lama dibandingkan dengan oli biasa.

Selain itu, oli Ester ini juga punya banyak kelebihan kalau dibandingkan dengan oli standar. Seperti misalnya, kali ini bisa bikin mesin lebih dingin, bisa melindungi mesin dengan lebih baik, dan lebih tahan terhadap tekanan serta panas.

Oli Ester X-TEN DOUBLE ESTER MATIC 10W30 800ML

Nah, buat kalian yang pengen pakai oli Ester, saran saya, coba ganti oli di bengkel Planet Ban aja. Karena mereka adalah salah satu bengkel yang selalu menyediakan stok oli Ester untuk motor matic ataupun motor tipe lain.

#2 Oli Gardan

Oli gardan tidak terlalu sering disebut jika dibandingkan dengan oli mesin. Karena perannya dianggap tidak sepenting oli mesin, dan penggantiannya tidak sesering oli mesin.

Oli gardan sendiri biasanya diganti setiap 2x ganti oli mesin. Dan, penggantian oli gardan sebaiknya dilakukan secara berkala. Pasalnya, oli gardan ini sangat dibutuhkan untuk menjaga performa CVT atau transmisi.

Apabila oli gardan jarang diganti, resikonya, tarikan motor jadi kurang responsif, atau kurang bertenaga ketika digunakan untuk menanjak.

#3 Kampas Rem

Kampas rem motor vario 125
Img by Momotor.id

Jangan pandang sebelah mata manfaat rem pada motor. Karena keamanan berkendara sangat bergantung pada sistem pengereman.

Agar sistem pengereman motor dapat berfungsi dengan normal, kampas rem harus rutin diperiksa. Kalau kampas sudah tipis atau aus, jangan ragu untuk segera mengganti kampas rem dengan yang baru.

Kalau saya… kalau sudah merasa sistem pengereman motor kurang pakem, saya biasanya akan meminta mekanik untuk memeriksa kondisi kampas rem pada saat servis.

#4 Filter udara

Apakah Filter Udara Motor boleh Dicuci atau harus diganti
Img by Autofun.co.id

Komponen selanjutnya pada motor yang perlu diperiksa secara rutin adalah filter udara. Fungsi utama filter udara pada motor (terutama motor matic) adalah untuk menyaring udara yang masuk agar lebih bersih dan bebas dari kotoran atau debu yang dapat merusak mesin.

Jika mesin bebas dari debu dan kotoran atau berbagai macam partikel lainnya, secara otomatis mesin pun akan memiliki kinerja yang baik dan lebih efisien dalam menggunakan bahan bakar.

Harga filter motor umumnya tidak terlalu mahal. Biasanya tergantung pada merk dan model motor itu sendiri. Tapi yang jelas, harga filter udara itu pada dasarnya sebanding dengan manfaatnya dalam menjaga kinerja mesin dan efisiensi bahan bakar.

#5 Aki

Pada motor-motor lawas yang masih menggunakan pengapian platina, fungsi aki adalah sebagai sumber energi untuk menghidupkan lampu, klakson, dan starter tangan. Jika akinya mati, motor tetap bisa dihidupkan dan dijalankan.

Tapi pada motor modern, aki tidak hanya berfungsi sebagai sumber energi untuk menghidupkan lampu dan starter tangan, tapi juga berfungsi sebagai sumber listrik untuk sistem injeksi bahan bakar dan berbagai komponen elektronik lainnya.

Jika aki motor mati, mesin tidak akan bisa dinyalakan, sekalipun distarter menggunakan starter manual.

Secara teknis, ketika mesin mati, tegangan aki yang ideal adalah 12,3-12,6 Volt. Namun, jika mesin menyala, tegangan aki berada pada rentang 13,7 hingga 14,2 Volt.

Apabila tegangan aki tidak sesuai dengan ketentuan ini, mekanik harus melakukan pemeriksaan lebih detail untuk mengetahui apakah ada kebocoran atau kondisi terminal yang berkarat. Aki yang sudah tidak layak harus diganti segera agar motor dapat digunakan dengan nyaman.

Manfaat Tune-up Motor untuk Mencegah Kerusakan

Seperti cerita saya di atas tadi yang terpaksa harus mengeluarkan banyak uang dalam satu waktu karena harus mengganti berbagai sparepart akibat mengabaikan saran dari mekanik. Padahal, saran dari mekanik tersebut sebenarnya sangat baik. Karena tujuan utamanya adalah untuk mencegah agar tidak terjadi efek berantai. Di mana sebuah komponen yang rusak berpotensi mempercepat kerusakan pada komponen lain.

Ngomong-ngomong soal memeriksa kondisi komponen motor. Dalam dunia otomotif proses pemeriksaan ini sering disebut dengan istilah service motor tune up.

“Service motor tune up” bisa dibilang adalah istilah sederhana dari “servis berkala.” Salah satu tujuan servis berkala atau service tune up ini adalah untuk memeriksa semua komponen motor. Baik yang ada di luar mesin seperti tekanan ban, kondisi lampu, meninjau tegangan rantai, rem, dan klakson, hingga yang ada di dalam mesin.

Untuk bagian yang ada di dalam mesin, pemeriksaan biasanya akan melibatkan komponen-komponen yang berkaitan dengan performa mesin secara keseluruhan. Seperti, karburator atau saringan udara pada motor konvensional, filter udara pada motor modern, oli mesin, oli gardan, atau sparepart lain seperti silinder, blok CVT, klep mesin, piston, hingga throttle body.

Throttle Body Motor Vario 125
Throttle Body Motor - Img by Gridoto.com

Jika mekanik menemukan ada komponen atau hal-hal yang perlu diganti, maka mekanik akan informasikannya kepada kita (sebagai pelanggan) terlebih dahulu. Kalau kita setuju untuk mengganti, barulah sparepart atau oli atau hal-hal lainnya akan diganti. Jika tidak setuju maka, mekanik tidak akan menggantinya.

Jika kita menolak, umumnya mekanik akan menuliskan komponen atau hal-hal yang perlu diganti tersebut pada lembar servis sebagai pengingat. Karena mungkin saja, alasan kita tidak mau menggantinya adalah karena belum punya uang atau karena ada pertimbangan lain.

Bengkel Motor Murah yang Hasil Servisnya Bikin Mesin Seperti Baru

Kalau kalian ingin mendapatkan layanan servis motor yang memuaskan, saran saya, coba datang ke bengkel Planet Ban terdekat yang ada di kotamu.

Alasan saya merekomendasikan bengkel planet ban sebagai tempat service motor adalah karena kualitas servisnya menurut saya adalah salah satu yang terbaik. Bahkan, kita bisa mendapatkan service dengan kualitas rasa mesin baru. Apa yang dimaksud dengan servis rasa mesin baru?

Bengkel Planet Ban memang punya layanan “servis motor rasa baru” yang juga dikenal sebagai “Sistem Servis Terpadu.” Tujuan service ini adalah untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan biaya yang ramah kantong.

Mesin motor kita bisa terasa seperti baru karena saat diservis di Planet Ban, mekanik tidak hanya fokus memeriksa dan menservis bagian-bagian yang mudah terlihat, tapi juga akan memeriksa hingga ke bagian dalam yang jarang diperiksa oleh mekanik di bengkel lain.

Selain itu, Planet Ban juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk ganti ban tubeless ataupun ban biasa, serta merupakan salah satu tempat terbaik untuk ganti oli.

Saya katakan bahwa Planet Ban merupakan salah satu tempat ganti oli terbaik karena di bengkel ini selalu tersedia oli berteknologi tinggi yang menggunakan teknologi Ester.

Keuntungan apabila kita menggunakan oli berteknologi tinggi untuk motor diantaranya adalah,

  • Bisa meningkatkan performa motor sehingga tarikannya jadi terasa lebih enteng
  • Oli berteknologi juga bisa membantu melindungi mesin sehingga mesin akan lebih awet dan tidak mudah rusak
  • Oli ini juga bisa membuat mesin terasa jauh lebih dingin sangat cocok untuk mencegah overheating yang dapat merusak mesin
  • Kualitas olinya yang sangat bagus juga memungkinkan oli ini digunakan lebih lama. Sehingga pergantiannya bisa dilakukan setiap 5000 km atau antara 4 hingga 6 bulan sekali
  • Karena bisa digunakan lebih lama, maka tidak mengherankan apabila oli ini disebut sebagai salah satu oli yang ramah lingkungan

Keuntungan Servis Motor di Planet Ban

Keuntungan Servis Motor di Bengkel Planet Ban

Berapa bulan sekali kita harus servis motor? Jawaban untuk pertanyaan ini sebenarnya sangat relatif. Mengingat setiap orang menggunakan motor dengan cara dan intensitas yang berbeda-beda pula.

Tapi yang pasti, kita harus memilih tempat service motor yang terpercaya dan telah terbukti hasilnya. Karena kalau kita memilih tempat service secara sembarangan, bisa saja kualitas servicenya tidak memenuhi standar.

Dari sejumlah bengkel yang saya ketahui, bengkel Planet Ban adalah salah satu yang terbaik menurut saya. Pasalnya, kalau kita servis motor di Planet Ban, seluruh bagian mesin akan diservis dengan menyeluruh. Sehingga tidak ada lagi sisa-sisa kotoran atau debu dan sisa pembakaran yang tertinggal di mesin motor.

Beberapa bagian yang selalu menjadi perhatian khusus para mekanik ketika servis di Planet Ban diantaranya adalah, blok CVT, kepala silinder, klep mesin, throttle body, dan juga piston. Tak hanya bagian-bagian yang mudah terlihat, para mekanik di bengkel Planet Ban juga selalu membersihkan bagian-bagian yang jarang disentuh oleh mekanik di bengkel lain.

Kalau servis motor di Planet Ban, semua komponen-komponen mesin tersebut akan bebas dari sisa pembakaran atau debu dan juga kotoran. Sehingga, setelah diservis, mesin motor akan terasa seperti mesin baru.

Tidak hanya bikin mesin jadi bersih total, service di Planet Ban juga bisa bikin tarikan motor akan jadi terasa lebih enteng, lebih hemat BBM, dan emisinya bisa turun hingga 70% atau bahkan lebih.

Bagaimana dengan biayanya? Harga servis motor di Planet Ban cukup terjangkau. Bayangkan saja, kalau kita mau servis throttle body, biayanya cuma Rp20.000. Begitu juga kalau kita mau servis motor injeksi, biayanya juga nggak lebih dari 20.000. Kemudian untuk servis CVT sekaligus rantai ongkos servicenya cuma Rp 19.500.

Murah kan? Selain dikenal sebagai bengkel tempat service motor yang murah, bengkel Planet Ban juga sudah lama dikenal sebagai salah satu bengkel dengan hasil service yang memuaskan dan nyaman buat pelanggan. Serta yang nggak kalah penting, di Planet Ban selalu tersedia oli motor matic kualitas terbaik seperti oli Ester.

8 komentar:

  1. salah satu tempat servis motor recommended ternyata service ban ini,,harus coba servis disini karena spd motor saya sepertinya memang perlu cek total karena sudah lama tidak pernah servis..semoga biayanya nanti juga tidak membengkak hehe

    BalasHapus
  2. Ternyata harga servis motor di Planet Ban sangat terjangkau ya. Saya baru ngeh kalo Planet Ban juga ada di deket rumah hehe. Tar mau coba ah servis motor disana.

    BalasHapus
  3. Recommended banget ini, ntar aku suruh suami servis motor di planet ban juga ahh.

    BalasHapus
  4. Planet Ban nih emang oke punya sih. Udah langganan dari kuliah sampe udah jadi om-om skg, nggak pernah kecewa kalau service di sini. Semoga good service selamanya, ya 👍🏻

    BalasHapus
  5. Wahh, bacaan wajib buat ciwi-ciwi kayak aku yg jarang banget service motor. Tahunya beres aja dari suami. Hehe.

    BalasHapus
  6. Service motor di planet ban pelyanan ramah dan harganya ramah dikantong, pernah service disana soalnya,

    BalasHapus
  7. Sedikit banyak tahu juga si bagian motor mana yang harus diservis secara berkala, karena pas sebelum nikah mau gak mau merawat motor sendiri tapi kini pasrah saja sama suami

    BalasHapus
  8. Harus sering-sering baca artikel macam ini aku wkwk karena sejujurnya aku awam banget terkait perawatan kendaraan. Semuanya diserahkan ke paksu. Kayaknya harus mulai aware juga, biar bisa cuss rawat sendiri ke planet ban ;)

    BalasHapus