Tips Anti Bingung Saat Bulan Ramadhan Bareng Kobe

Bulan Ramadhan menyisakan banyak sekali keistimewaan dan juga keberkahan bagi seluruh umat muslim. Euforia bulan ini selalu diingat dengan banyaknya makanan dan jajanan yang bisa kita nikmati saat berbuka puasa.

Namun meskipun begitu, tidak semua jajanan atau makanan bisa kita makan karena kita juga harus berhati-hati memilih menu serta makanan agar tetap sehat dan lancar dalam menjalani ibadah puasa.

Sebagai anak yang baru belajar puasa, Ummi Kinza selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk keluarga dan menjaga asupan nutrisi kami agar bisa menjalani ibadah puasa dengan baik.

Namun kadang kala, Ummi merasa bingung dengan menu yang saya sajikan untuk kami karena merasa kurang bervariasi.

Makanya saya sangat senang sekali saat menemukan kan inspirasi menu 30 hari bulan ramadhan yang ada di website dapurkobe.co.id seperti menemukan harta karun yang mengangkat beban ibu-ibu dengan kebingungan mau masak apa hari ini.

Ah... rasanya Kinza ikut senang melihat Ummi tak lagi bingung menyiapkan makanan untuk kami berbuka ataupun sahur.

Selain ayam goreng crispy, tempe goreng juga menjadi salah satu menu kesukaan Kinza. Tapi tentu saja, tempenya juga harus crispy.

Karena adanya rasa nya pada makanan selalu bikin makanan tersebut jadi terasa lebih nikmat saat dikunyah.

Latihan Puasa dan Menu Keripik Tempe Kobe

Ummi melatihku berpuasa sejak usia 5 tahun. Alhamdulillah, meskipun usiaku masih 5 tahun (pada saat itu). Tapi aku sudah bisa berpuasa hingga magrib.

Di tahun pertamaku berlatih, puasaku yang bolong lebih dari 7 hari. Di tahun kedua, puasaku meningkat. Sehingga, yang bolong-bolong jadi tambah sedikit.

Di tahun ketiga ini, aku ingin berusaha lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Untungnya, Ummi selalu bisa menyemangati aku, salah satunya adalah dengan menyajikan menu berbuka yang menjadi makanan-makanan favoritku.

Di Ramadhan kali ini, salah satu menu yang aku sukai adalah keripik tempe yang digoreng dengan menggunakan Kobe Tepung Tempe Kriuk.

Untuk membuat keripik tempe Kobe, Ummi biasanya menyediakan bahan-bahan seperti yang Kobe sarankan, yaitu:

Bahan:
  1. 1 Buah tempe
  2. 1 Bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk (70gr)
  3. 125ml Air
  4. Secukupnya minyak goreng
  5. Daun bawang/daun jeruk- iris tipis
Step by Step:
  • Setengah papan tempe yang diiris tipis-tipis
  • Satu bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk ukuran 70gr. Sebagai bahan utama untuk membuat agar tempe ini terasa lebih crispy
  • 125 ml air bersih
  • Daun jeruk Kurang lebih 3 lembar yang diiris halus untuk memberikan cita rasa yang menggugah selera. Dan,
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Mengeksekusi Resep Keripik Tempe Kobe adalah sebagai berikut,

  1. Tempe yang sudah diiris-iris digoreng terlebih dahulu hingga matang dan lalu ditiriskan
  2. Sediakan wadah. Ummi biasanya menggunakan mangkok. Masukkan air dan 1 bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk 70 gr. Lalu aduk hingga tercampur rata
  3. Tambahkan irisan daun jeruk dan aduk kembali hingga rata. Jika sudah,
  4. Masukkan tempe yang sudah digoreng tadi ke dalam adonan. Lalu,
  5. Goreng kembali tempe yang sudah dibalur dengan adonan basah menggunakan minyak panas hingga berwarna agak kuning kecoklatan
  6. Tiriskan lalu biarkan hingga dingin sebelum disimpan di dalam toples agar lebih awet

Gampang kan cara buatnya? Kinza aja bisa kok masak resep keripik tempe Kobe di atas walaupun kita masih anak-anak. Selain gampang dibuat, hasil resep di atas juga rasanya enak banget. Bisa dicoba sebagai menu untuk berbuka atau sebagai cemilan setelah shalat tarawih.

Tempe yang digoreng dengan menggunakan Kobe Tepung Tempe Kriuk terasa lebih renyah (crunchy) dan enak karena di dalamnya juga terkandung perpaduan rempah-rempah.

Berkat Kobe Tepung Tempe kriuk, tempe yang bergizi dan bernutrisi tinggi bisa jadi teman berbuka atau sahur yang enak. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein seperti tempe, kita tidak akan mudah lapar selama berpuasa.

Karena menurut seorang Profesor nutrisi Purdue University yang bernama Wayne Campbell, PhD, protein sangat efektif dalam meningkatkan rasa kenyang jika dibandingkan dengan karbohidrat.

Kesimpulan

Saat latihan berpuasa seperti yang Kinza lakukan di usia dini, memilih menu makanan yang tepat itu sangat penting. Pasalnya, dengan mengkonsumsi menu makanan yang tepat, akan membuat anak-anak seusia Kinza tidak akan mudah merasa kelaparan meski berpuasa sampai maghrib.

Tempe adalah salah satu menu makanan direkomendasikan untuk dikonsumsi saat berbuka maupun sahur karena mengandung protein yang bisa membantu memberikan rasa kenyang lebih lama. Di samping, mengandung berbagai manfaat lainnya, termasuk, zat besi, magnesium dan kalsium, vitamin B6, serta antioksidan isoflavon yang dikenal efektif menangkal radikal bebas.

Ini adalah hasil recook Resep Crispy Tempe Kobe buatan Ummi menjadi salah satu favorit menu Berbuka dan cemilan Kinza. Selain cara mengolahnya sangat sederhana, rasanya pun sangat enak dan benar-benar renyah.

Bagi Bunda-bunda yang kebetulan punya anak dan kebetulan di bulan Ramadhan ini sedang latihan berpuasa. Untuk menyemangati mereka, Bunda bisa mencoba menghidangkan menu makanan yang enak dan mudah dibuat seperti yang ditawarkan oleh Kobe melalui Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan.

Inspirasi menu buka dan sahur ini bisa di-print. Jadi, Bunda tidak akan bingung lagi mencari ide menu untuk berbuka ataupun sahur selama bulan Ramadhan. Yuk cobain! untuk melihat resep-resepnya, Bunda bisa mengklik link yang telah dicantumkan tersebut.

No comments:

Post a Comment